Problematika Dalam Berbahasa Inggris

Hallo! Selamat datang di laman blog aku! 

Apa yang kalian tangkap di dalam benak ketika mendengar kata "Bahasa Inggris"? Apakah itu Bahasa internasional? Bahasa yang sulit? Bahasa yang unik? atau ada masih yang lain?

Kini aku akan membahas kenapa bahasa inggris kerap menjadi sebuah mimpi buruk bagi masyarakat Indonesia terutama bagi siswa. Sebagian besar anak-anak memiliki problematika yang sama yaitu takut untuk mencoba bagi sebagian anak yang memang lihai di bidang ini mungkin akan berbeda dengan siswa lain yang merasa bahwa bahasa inggris adalah sebuah mata pelajaran yang tidak bisa dikuasai setelah Matematika.

Hal ini terlihat dari partisipasi minat siswa dalam bahasa inggris. Jika dilihat dari data yang ada Indonesia berada di tingkat 80 dunia dalam kemampuan bahasa inggris. Bisa dilihat dari laman berikut.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5832654/peringkat-kemampuan-bahasa-inggris-negara-negara-asia-indonesia-ranking-berapa

Kira-kira menurutmu apa yang membuat Indonesia berada diurutan rendah dalam kemampuan bahasa inggris? Mari kita simak di bawah ini


Indonesia memiliki problematika dalam berbahasa inggris karena beberapa hal ini, yaitu:

1. Malas

Malas menjadi alasan mengapa kemampuan bahasa inggris di Indonesia masih terbilang jauh. Jika dilihat karena memang siswa ketika melihat satu kalimat paragraf teks berbahasa inggris saja sudah mengeluh. Dan juga terlalu malas untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari di dalam materi.

2. Takut

Hal ini memiliki kaitan yang sama dengan di atas bahwasannya malas dan takut seringkali dialami oleh siswa hal ini yang menimbulkan parno terhadap tindakan. Siswa sering kali merasa takut karena kesalahan yang akan diperbuat padahal tugas kita yang tahu akan kebenarannya bisa membantu tem,an kita yang melakukan kesalahan bukan untuk menertawakannya. Karena hal tersebutlah yang membuat anak merasa tingkat kepercayaan diri menjadi berkurang

3. Kesadaraan yang kurang

Apakah kamu sadar kenapa negara yang bukan berbahasa nasionalnya bahasa inggris sebagian besar bisa dalam kemampuan bahasa inggris? hal ini dikarenakan mereka sadar bahwa dalam melakukan sesuatu di era Teknologi tidak jauh dari kata bahasa inggris. Hal inilah yang menyebabkan mereka sadar disamping bahasa nasional mereka perlu adanya kemampuan dalam berbahsa inggris sebagai penunjang sistem era teknologi. Negara kita perlu meningkatakan bahwa perlu mempunyai kemampuan dalam berbahasa sebagai bentuk komunikasi yang lebih baik dalam era digital saat ini. 

4. Pengaruh lingkungan

Kamu pasti bertanya-tanya mengapa anak berumur 5 tahun di Amerika Serikat sangat fasih berbahasa inggris dibanding anak berumur 5 tahun yang tinggal di Indonesia tidak fasih bahasa inggris? hanya satu hal yaitu faktor lingkungan yang mempengaruhi anak tersebut fasih atau tidaknya dalam berbahasa inggris. Di Indonesia hanya anak yang bersekolah di sekolah Internasional, orang tua yang berasal dari luar negeri dan tinggal di lingkungan yang sebagian besar menggunakan bahasa inggrislah yang membuat anak menjadi mampu dalam berbahasa walau sebagian faktor kecil bisa dikarenakan belajar sendiri.

Sementara anak yang berasal dari lingkungan yang tidak mendukung seperti di atas kemungkinan besar tidak benar-benar fasih dalam berbahasa inggris. Hal inilah yang menjadi bahan penilaian bagi pemerintah untuk bisa menciptakan suasana lingkungan yang mendukung anak untuk berlatih. Hal ini tidak bisa lepas dari dukungan orang sekitar juga kita harus bisa mendukung orang sekitar untuk menjadikan tempat bagi mereka untuk belajar.

5. Sistem pendidikan Indonesia yang kurang efektif

Sistem pendidikan inilah yang dinilai kurang sehingga mengakibatkan pengaruh terhadap kemampuan di Indonesia menjadikan kurang. Anak sering di tuntut untuk bisa di dalam materi dibandingkan dengan praktik. Sehingga anak lebih mudah lupa dengan apa yang ada dalam teks dibanding dengan praktik. Dan juga sekolah jarang menuntut anak untuk bisa mempraktikan di kehidupan sehari hari, memang hal tersebut menjadi sebuah perdebatan di lingkungan anak, namun tidak ada salahnya untuk mencoba penerapan sistem tersebut. 


Indonesia harus bisa menjadi negara yang bisa menguasai bahasa inggris, namun tidak melupakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan pengaruh global yang memaksakan untuk bisa bahasa Inggris, untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung segala bentuk yang ada demi meningkatkan proses pembelajaran dalam bahasa Inggris. 


Komentar